Selasa, 10 Januari 2023

10 Kiat Pagari Mac OS X dari Program Jahat

PORTAL PURWOKERTO - Simak cara mengatasi laptop yang tiba-tiba hang atau freeze. Ini cara mudahnya agar laptop kembali bisa digunakan. Laptop menjadi salah satu alat kerja untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Baik untuk mengerjakan tugas para pelajar dan mahasiswa, ataupun alat kerja bagi para pekerja. Apalagi di saat sekarang ini di mana sekolah maupun bekerja dilakukan secara online di rumah atau di mana saja, untuk menghidari penularan Covid-19. Baca Juga: Lupa Password Medsos? Berbagai aktivitas pekerjaan seperti mengerjakan tugas administrasi, editing video, pemrograman dan lainnya dengan menggunakan laptop. Akan tetapi, jika pekerjaan penting sedang dikerjakan, dan tiba-tiba laptop freeze atau ngelag, atau lemot, maka akan sangat menganggu para pekerja. Penyebab laptop lemot, ngelag atau sampai freeze bisa terjadi karena kinerja laptop yang terlalu berat saat itu. Karena Anda membuka terlalu banyak aplikasi yang sedang berjalan. Kapasitas hard disk yang penuh dan sudah usa ng juga bisa menyebabkan laptop menjadi lemot. Atau karena RAM laptop yang memang kecil, sehingga cepat menyebabkan lemot. Serta bisa jadi kaena serangan virus. Jangan panik ataupun marah ketika tiba-tiba laptop ngefeeze atau ngelag dan mulai lemot. Karena ada cara mudah untuk mengatasinya.

Untuk itu, kamu bisa menambahkan RAM pada slot yang tersedia. Namun sebelumnya, pastikan dahulu tipe RAM (DIMM atau SODIMM), kapasitas, dan kecepatannnya, ya! Sangat banyak orang yang terkadang melupakan hal penting yang satu ini. Ternyata agar performa laptop bisa tetap ngebut, kamu perlu sesekali melakukan perawatan hardware. Selain membersihkan sampah laptop, setidaknya kamu juga harus melakukan cara mengatasi laptop lemot Windows 8 dan lainnya ini minimal setahun sekali, loh. Cara membersihkan laptop agar tidak lemot bisa dimulai dari kipas, motherboard, hingga penggantian thermal paste pada bagian prosesor laptop, geng. Salah satu penyebab laptop lemot adalah overheat yang juga mempeng aruhi kinerja dan performa. Kamu bisa menambahkan aksesori misalnya cooling pad atau kipas tambahan agar suhu laptop tetap terjaga. Selain itu kamu juga bisa menggunakan vacuum cooler yang juga bisa menyedot udara panas keluar yang fungsinya juga sama-sama untuk menjaga suhu laptop agar tetap dingin. Cara membuat laptop tidak lemot saat internetan dan melakukan aktivitas lainnya ini memang terdengar sepele, tapi dampaknya lumayan terasa, lho!

Cara mengatasi laptop not responding merupakan salah satu teknik yang diperlukan saat mendapati laptop dalam kondisi yang kurang bersahabat. Not responding pada laptop memang bisa dikatakan lumrah terjadi karena bisa disebabkan oleh berbagai hal. Namun apabila dibiarkan tentu saja keadaan laptop yang not responding akan mengganggu kinerja sehingga bisa menghambat keberhasilan suatu pekerjaan. Keadaan laptop yang not responding biasanya ditandai dengan tiadanya pergerakan dimana fungsi beberapa atau keseluruhan software menjadi berhenti se jenak. Untuk itu diperlukan cara untuk mengatasi laptop not responding dengan mudah dan cepat. Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi laptop yang not responding adalah memaksa shutdown pada laptop. Cara ini terbilang cukup ekstrim namun menjadi salah satu solusi apabila laptop benar-benar not responding tidak bisa merespon perintah yang ada pada sistem kerja yang normal. Cara melakukannya cukup mudah tekan tombol power selama kurang lebih 5 detik secara langsung laptop akan mati. Setelah itu bisa dimulai kembali menghidupkan laptop tersebut untuk melihat kondisinya.

Begitu juga bagi Anda para gamer. Cara mengatasi laptop lemot saat main game juga bisa dengan menambah ukuran RAM. Intinya jika kapasitas RAM kurang besar, berarti Anda harus melakukan upgrade RAM. Bagi Anda yang memiliki spesifikasi laptop pas-pasan dan belum mau menambah RAM, sebaiknya hindari untuk melakukan multi tasking pada laptop Anda. Yang dimaksud multi tasking adalah menjalankan beberapa aplikas i secara sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Dengan begitu kerja RAM dan prosesor dapat menjadi lebih ringan. Belum tau bagaimana cara mengecek spesifikasi laptop? Beberapa waktu yang lalu kami telah memberikan ulasan cara mengetahui spesifikasi laptop. Anda dapat melihat semua data mengenai ukuran RAM, bit processor, kapasitas hard disk, dll. Apabila laptop Anda masih menggunakan HDD, maka langkah langkah mengatasi laptop lemot yang berikutnya ialah mengganti hard disk dengan solid state drive (SSD). Dalam mengakses data, SSD memiliki performa yang lebih cepat dibandingkan HDD. Proses booting dan kinerja laptop pasti akan meningkat drastis. Tidak mengherankan jika cara mengatasi laptop lemot saat booting Windows 10, Windows 8 ataupun Windows 7 adalah dengan mengganti HDD dengan SSD.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar